Wednesday 13 August 2014

Sispromasi Inventory System



Sispromasi Inventory System adalah sebuah sistem yang saya rancang menggunakan macro excel selama 7 hari. Sispromasi itu sendiri adalah salah satu lab terbaik di Teknik Industri Telkom University. SIS ini bermanfaat untuk

  • Memudahkan member Lab Sispromasi dalam mendata barang inventory yang dimiliki,
  • Memudahkan pencarian data barang yang dimiliki,
  • Memudahkan hal pinjam meminjam barang yang dimiliki lab Sispromasi.
  • Memudahkan pekerjaan divisi TS dalam hal inventarisasi
SIS adalah aplikasi yang akhirnya saya putuskan memiliki file extension .xlsm, agar lebih ringan dalam pengaplikasiannya. Seperti inilah interface SIS :


Dari main menu tersebut kita dapat memilih 4 akses yang disediakan.
Akses pertama :

-Loan

Menu ini disediakan untuk peminjaman barang dari lab sispromasi. Member sispromasi tinggal memasukkan nim peminjam, SIC, dan jumlah yang dipinjam.


Setelah click submit, pada excel yang ter hide pada sheet on_loan akan mencatat transaksi yang baru saja terjadi, beserta tanggal dan jamnya secara otomatis. Seperti berikut :


- Return

Menu ini digunakan untuk pengembalian barang yang dipinjam dari lab Sispromasi. Member sispromasi tinggal menginputkan nim peminjam.


Setelah click submit, akan muncul messagebox "data berhasil diinputkan", dan pada excel yang ter hide pada sheet return_history akan mencatat transaksi yang baru saja terjadi, beserta tanggal dan jamnya secara otomatis. Seperti berikut :



- Add Item

Menu ini digunakan untuk menambahkan item baru kepada database.


Setelah click submit, pada sheet "database" data akan bertambah sesuai unit yang diinputkan.

- Database

Menu ini digunakan untuk menampilkan database dalam format excel.


- Search

Menu ini digunakan untuk mencari data yang ada pada database dengan menggunakan salah satu kriteria, boleh SIC, keterangan, maupun keadaan.


Setelah diketikkan SIC yang akan dicari dan click "search", akan keluar sheet "database" dan unit yang dicari berlatarbelakang kuning. Seperti berikut :

0 comments:

Post a Comment