Friday 30 August 2013

Bagan Otomasi



Bagan Otomasi terdiri dari 2 bagian, yaitu HMI dan kontrol serial RS-485. HMI adalah suatu tampilan pada komputer yang berfungsi sebagai antarmuka visual antara manusia dengan mesin yang berisi beberapa widget dan window yang bertujuan untuk mempermudah pemakaian suatu alat dan juga untuk melakukan otomatisasi terhadap kinerja alat. Sedangkan kontrol serial merupakan sistem komunikasi yang bertujuan untuk mengatur kinerja alat sesuai dengan kontrol yang ditendukan oleh user melalui sebuah bus (kabel yang berisi beberapa core tembaga) dengan jarak antara alat dengan komputer maksimal sekitar 1 Km. Secara garis besar, rancangan sistem software dapat digambarkan sebagai berikut :

Bagan otomasi di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :


1. HMI
Merupakan sebuah tampilan pada layar komputer yang berfungsi sebagai antarmuka antara pengguana dan alat.Pada alat ini, kami menggunakan 3 buah tampilan window yang berbeda yang akan mewakili proses yang dilakaukan, diantaranya Window Pengaturan bahan dan komposisi, Window pemberitahuan proses dan pengeksekusian, dan yang terakhir berupa dialog konfirmasi. Setiap window akan muncul secara bergantian sesuai dengan proses apa yang sedang dikerjakan.
2. Sistem Kontrol
Merupakan sebuah sistem berupa program yang berfungsi untuk mengatur alur proses kinerja software agar sistem berjalan dengan baik dan benar. Sistem kontrol merupakan sebuah unit yang sangat penting dimana sistem kontrol akan mengatur alat sesuai dengan pengaturan yang dilakukan oleh pengguna melalui HMI. Selain mengatur alat, sistem kontrol juga bertugas untuk mengatur widget secara otomatis pada masing-masing window sesuai dengan event (kejadian) yang berasal dari perubahan yang dilakukan oleh pengguna pada setiap widge dan juga akan memberikan informasi kepada pengguna melalui pengaturan HMI baik melalui perubahan widget maupun pergantian window. Sistem kontrol juga mengatur komunikasi serialantara komputer dengan alat sesuai dengan format yang sudah ditentukan agar sistem keseluruhan dapat berjalan dengan lancar.
3. Port RS-232
Merupakan sebuah port yang utamanya memiliki 2 buah titik, yaitu titik RX dan TX. RX berfungsi sebagai penerima data dari alat. Sedangkan TX berfungsi untuk mengirimkan data ke alat. komunikasi yang dilakukan merupakan komunikasi RS-232 dengan baudrate 9600 bps. Port ini akan diatur oleh Qt sesuai dengan sistem kontrol melalui add-on 

0 comments:

Post a Comment